Download Aplikasi SantriLampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post:

Tips lulus UjianNya



Sahabat, Allah tak pernah berhenti menguji keuletan manusia dalam mematuhi aturan main yang ditentukan-Nya. Oleh karena itu kita harus mengetahui di mana letaknya ujian itu, dan bagaimana caranya agar dapat lulus dari ujian Allah itu. 



Kegagalan menghadapi ujian Allah, seringkali terjadi karena kelengahan hati, yaitu tidak menyadari bahwa masalah yang sedang dihadapi itu sebenarnya adalah merupakan ujian-Nya. Perhatikanlah ilustrasi berikut : 



Bila hati diibaratkan sebuah benteng, dan ujian Allah diibaratkan sebagai musuh yang akan menguasai benteng, maka musuh akan dengan mudahnya masuk ke dalam benteng bila pertahanan benteng itu lemah. Atau bila di dalam benteng sedang ada 'kericuhan,' maka musuh pun tanpa kesulitan yang berarti akan dapat menguasainya. Tetapi bila benteng itu selalu dalam kondisi siaga untuk bertempur, maka musuh pun akan kesulitan untuk menaklukannya. 



Dengan demikian, bila kita selalu mengantisipasi datangnya ujian Allah, yaitu dengan cara selalu mengisi hati dengan keuakinan-keyakinan ketuhanan, maka insya Allah kita akan dapat selalu lulus dari ujian-ujian-Nya. Sejalan dengan ini, seorang ahli hikmah mengibaratkan kehidupan dunia seperti mencari madu lebah. 



Pawang yang pintar akan dengan mudah mengambil madu lebah tanpa terkena sengatannya, sementara yang bukan pawang, hanyalah mendapat sengatannya. [ujian-ujian Allah itu jawabannya telah tersedia dalam AlQur'an dan Hadits. Oleh karena itu, supaya kita dapat selalu lulus dari ujian-Nya, maka tidak ada jalan ain selain daripada memahami A-Qur'an dan Hadits dengan baik].
Alumni Universitas Islam Negeri Lampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post: