Download Aplikasi SantriLampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post:

10 Prilaku Istri yang Nusyuz



Sebagai seorang istri, kita memiliki kewajiban yang harus dipenuhi pada sang suami. Bahkan, dikatakan jika ridho suami adalah ridho Allah sehingga kita harus menaati perintah suami asalkan perintah itu tidak keluar dari ajaran Islam.



Berikut ini terdapat beberapa perilaku istri yang durhaka terhadap suami. Seringkali  diantara kita tidak menyadarinya. Sehingga dengan mengetahui hal ini, dapat menjadi peringatan bagi kita agar tidak termasuk dalam kelompok istri yang durhaka. Pasalnya seorang istri yang durhaka, maka neraka akan menjadi tempat tinggalnya di akhirat kelak. 



Lantas apa saja perilaku istri yang termasuk durhaka terhadap suami ? Berikut ulasan selengkapnya.



1. Menuntut keluarga yang sempurna dan ideal

Kehidupan rumah tangga tidak serta merta seperti novel, komik, ataupun drama. Kita harus sadar bahwa kehidupan ini tidaklah semanis yang dibayangkan sehingga kita harus menerima kehidupan yang nyata.



2. Tidak menyukai keluarga suami

Saat kita menikah dengan orang lain maka hubungan tidak hanya terjadi antara pengantin saja, melainkan hubungan antara keluarga juga sehingga kita harus menyukai, menghargai dan menghormati keluarga sang suami. 



3. Sibuk di luar rumah

Kewajiban utama bagi seorang istri adalah mengurus keperluan rumah tangga sehingga istri haruslah lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Namun, sekarang ini banyak wanita karir yang menghabiskan waktunya di luar rumah dan hal ini akan mengganggu kewajiban utamanya sebagai seorang istri. Inilah hadist istri durhaka.



4. Tidak menjaga penampilan

Seorang istri dilarang untuk berias atau bersolek di hadapan orang lain yang bukan muhrim. Namun, saat ia berada di hadapan sang suami maka sebisa mungkin jika suaminya selalu melihat sang istri dalam keadaan bersih, cantik, ramah, dan wangi untuk menyenangkan sang suami.



5. Kurang berterima kasih

Banyak tugas suami yang harus dipenuhi sebagai kepala rumah tangga dan imam bagi istrinya. Terkadang, suami harus rela kesana kemari untuk mencari nafkah untuk memenuhi tanggung jawabnya terhadap keluarganya. Untuk itulah kita harus berterima kasih atas usahanya dalam membuat hubungan rumah tangga dan keluarga semakin harmonis. 




6. Nusyus

Kewajiban istri terhadap suami menurut Islam adalah menuruti apa perintah suami, selagi masih dalam batas ajaran Islam. Apabila seorag istri membangkang, maka ia telah melakukan nusyus. Allah akan memberikan adzab yang begitu pedih untuk para istri yang membangkang.



7. Mengingkari kebaikan suami

Sesama makhluk hidup kita diwajibkan untuk berbuat baik pada mereka. Terlebih pada sang suami yang merupakan tugas kita. Apabila suami Anda sudah melakukan banyak hal untuk membahagiakan, terlepas dari hasilnya, kita harus tetap menghargainya. Jangan pernah mengingkari kebaikan yang telah dilakukan oleh suami.



8. Mengungkit-ungkit kebaikan

Kebaikan tidak hanya dilakukan oleh istri, melainkan suami juga. Apabila Anda mengungkit kebaikan pada suami maka dapat mengurangi pahala keikhlasan kebaikan tersebut. Selain itu, kebaikan yang kita lakukan pada suami tidak seharusnya diungkit-ungkit sebagai kebaikan karena itu sudah merupakan kewajiban yang harus dilakukan.



9. Cemburu buta

Cemburu sering dikatakan sebagai bukti cinta. Namun, cemburu yang dimaksud adalah cemburu yang masih sewajarnya. Apabila seorang istri mencemburui sang suami secara membuta maka dapat meretakkan hubungan suami istri. Anda harus bisa mengontrol rasa cemburu dengan baik agar tidak merugikan hubungan Anda bersama sang suami.



10. Kurang menjaga suami

Sebagai seorang istri, kita harus peka terhadap kebutuhan sang suami untuk menghindari kesalahpahaman, konflik, ataupun ketersinggungan. Istri harus selalu menampakkan wajah ramah, tidak masam, menyejukkan dan menyenangkan hati sang suami. Untuk menjaga hubungan yang harmonis, seorang istri harus berhati-hati dan menjaga lisan mereka agar tidak menyakiti perasaan suaminya.



Demikian 10 perilaku istri durhaka kepada suami yang tidak boleh dilakukan oleh para pasangan menikah. Semoga bermanfaat.

Alumni Universitas Islam Negeri Lampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post: