Download Aplikasi SantriLampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post:

Catatan Tafakkur



Akal tanpa Qolbu, Menjadikan MANUSiA seperti Robot; Pikir Tanpa Zikir, MenjadikaN Manusia Seperti Setan.



Tafakur adalah jalan untuk mengenal / menuju Tuhan. Indikator keberhasilan tafakur adalah timbulnya motivasi-motivasi yang dapat memudahkan untuk taat melaksanakan aturan main yang telah ditetapkan Allah dan Rasul-Nya. Pengalaman telah membuktikan, bahwa pekerjaan sesulit apa pun akan terasa menjadi ringan bila dilandasi dengan motivasi yang kuat. 



Motivasi yang tercipta lewat tafakur ini sifatnya sangat individual artinya belum tentu dapat cocok bila digunakan oleh orang lain. 


Rasulullah saw, bersabda, "Sebaik-baik yang tertanam di dalam hati itu adalah keyakinan"; sedangkan keyakinan tidak bisa tertanam hanya melalui mata dan telinga saja, tetapi ia harus 'dibenamkan' ke dalam bawah sadar oleh akal. Pendapat ini sejalan pula dengan pepatah, "I hear I forget; I see I know; I do I understand," 



Dengan demikian dapatlah kiranya dimengerti, mengapa cera mah agama atau pengajian yang kita ikuti seringkali tidak dapat menambah 'keyakinan' kita. Hal ini disebabkan tiada lain karena kita hanya menggunakan mata dan telinga saja, sementara akal dan hati yang kita perlukan untuk mencerna, kita tinggalkan di rumah! 
Alumni Universitas Islam Negeri Lampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post: