Download Aplikasi SantriLampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post:

Adab dan Akhlak



Sahabat, adab dan akhlak merupakan sebuah tuntutan Allah Swt kepada seluruh manusia. Adab dan akhlak menjadi salah satu ajaran utama yang dibawa dan diterapkan oleh Rasulullah Saw. Manusia dituntut untuk berakhlak dan beradab kepada siapapun sesuai ajaran Rasulullah Saw dalam al-Qur'an dan hadits.


Akhlak


Akhlak secara istilah berarti perangai atau sikap yang terbiasa. Akhlak secara bahasa berarti sebuah perangai sikap yang terbiasa yang menimbulkan sebuah perbuatan baik tanpa terikat terhadap norma tertentu.


Dalil Perintah Memiliki Akhlak Yang Baik


وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلامً


"Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan". (QS. Al-Furqan : 63)


عَنْ أَبِى ذَرٍّ قَالَ قَالَ لِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم : اتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ.


"Dari Abu Dzar , ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda kepadaku: “Taqwalah kamu kepada Allah di mana saja kamu berada, dan ikutilah kejelekan itu dengan kebaikan yang menghapusnya, dan berakhlaqlah kepada manusia dengan akhlaq yang baik.” (HR At-Tirmidzi)


Adab


Adab secara istilah berarti sikap baik. Adab secara bahasa berarti sebuah sikap yang baik yang terikat atau wajib dilaksanakan sesuai syariat islam yang diterapkan. Adab berarti sebuah perintah Allah Swt.


Dalil Perintah Untuk Memiliki Adab


وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا ۞ وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا


"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". (Q.S. al-sra : 23-24)


Kesimpulan


Akhlak muncul dari diri sendiri, sedangkan adab merupakan perintah Allah Swt. Akhlak timbul dari sebuah kebiasaan, sedangkan adab timbul sebagai pelaksanaan sebuah perintah.

Akhlak menimbulkan sebuah perbuatan baik tanpa terikat aturan tertentu, sedangkan adab menghasilkan perbuatan baik yang terikat aturan tertentu.


والله اعلم بالصواب

Alumni Universitas Islam Negeri Lampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post: