Download Aplikasi SantriLampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post:

Kengapa harus bersholawat? Baca ini.



Banyak pertanyaan timbul mengenai kenapa kita harus mengucapkan sholawat bagi nabi Muhammad saw. dalam setiap sholat dan doa kita, padahal bukankah beliau itu sudah pasti dijamin masuk syurga oleh Allah? sebenarnya shalawat itu bukanlah suatu permohonan agar masuk syurga. Dan juga ucapan shalawat ini tidak hanya dilakukan oleh manusia saja, bahkan Allah dan malaikat-malaikatNya juga mengucapkan sholawat kepada Nabi. Tentunya dengan makna yang berbeda-beda. Shalawat dari Allah bermakna memberi rahmat, sholawat dari malaikat  berarti memintakan ampunan (maghfiroh), sedangkan sholawat dari orang mukmin mempunyai makna doa agar diberi rahmat. Wallahu a'lam bisshowab.


Paling sedikitnya ada lima alasan mengapa kita harus bersholawat :


Pertama : Bershalawat merupakan perintah Allah.


إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا


 "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya".Qs. Al Ahzab : 56.

(Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi) untuk Nabi Muhammad saw. (Hai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya) yaitu katakanlah oleh kalian, "Allaahumma Shalli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad Wa Sallim", artinya, "Ya Allah! Limpahkanlah salawat dan Salam-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad."

Ayat ini mengingatkan tentang sempurnanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tingginya derajat Beliau, demikian pula kedudukannya di sisi Allah dan di hadapan makhluk-Nya serta tinggi namanya.


Yakni Allah memuji Beliau di hadapan para malaikat, karena Allah cinta kepada Beliau, para malaikat yang didekatkan pun memuji Beliau serta mendoakannya.


Karena mengikuti Allah dan para malaikat-Nya serta sebagai balasan terhadap jasanya, sekaligus untuk menyempurnakan iman kita, sebagai bentuk pemuliaan terhadap Beliau, penghormatan dan kecintaan kepada Beliau serta untuk menambah kebaikan kita, menghapuskan kesalahan kita. Ucapan shalawat dan salam yang terbaik adalah yang Beliau ajarkan kepada para sahabatnya, yaitu yang biasa kita baca dalam tasyahud. Bershalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam diperintahkan dalam setiap waktu, terutama sekali ketika nama Beliau disebut, dalam shalat setelah tasyahhud, takbir kedua dalam shalat janazah, masuk dan keluar masjid, dalam qunut witir, pada siang dan malam Jum’at, setelah mendengar azan, dalam dzikr pagi dan petang, dan sebelum berdoa, dan duduk di suatu majlis (sebagaimana diterangkan dalam beberapa hadits). Demikian pula dalam khutbah dan mukaddimah (pengantar).


Kedua : Bersholawat adalah salah satu cara untuk menanamkan rasa cinta terhadap Nabi Muhammad saw. Tidak diragukan lagi rasa cinta akan membuat seseorang rela berkorban menuruti perkataan orang yang dicintainya.


"وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ...


Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.


لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا


Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.


وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ


Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.


Selanjutnya yang Ketiga : Bersholawat akan menyebabkan malaikat mendoakan kita. Rosulullah saw bersabda yang artinya  : " Siapa yang berdoa untuk orang lain, maka para malaikat akan mendoakannya dengan doa yang serupa."


Keempat : Bersholawat menghindarkan kita dari siksa Allah.


وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ


Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun

Bukankah dengan mengucapkan shalawat itu berarti bhwa muhammad saw. berada ditengah kita, yang berarti pula Allah tidak  akan mengazab kita?


Next yang kelima : Bersholawat merupakan ungkapan rasa terima kasih kepada nabi muhammad saw. Bukankah kita patut berterima kasih kepada beliau yang telah berjuang dengan penuh penderitaan  dan kegigihan untuk menyampaikan risalah Allah kepada kita yaitu agar kita dapat berbahagia di dunia dan akhirat ?


لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ


Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.


إِنَّ اللَّهَ يُدَافِعُ عَنِ الَّذِينَ آمَنُوا ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ خَوَّانٍ كَفُورٍ


Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman. Sesungguhnya Allah tidak menyukai tiap-tiap orang yang berkhianat lagi mengingkari nikmat.


**) Sebagai manusia betapa pun agung dan sucinya, tetap ada potensi untuk berbuat kekeliruan, baik disengaja ataupun tidak sengaja. Prof. DR. Quraish Shihab mengatakan bahwa hal ini karena ada kaidah "hasanal al abraar sayyiaatul muqorrobin" yang artinya kebajikan yang dilakukan oleh orang-orang yang dekat dengan Allah. suatu hal yang dinilai baik. oleh anak kecil atau manusia biasa, bisa dinilai tidak wajar atau buruk bila dilakukan oleh orang dewasa atau manusia agung. Permohonan maghfiroh para malaikat inilahyang berkaitan dengan hal yang kurang wajar itu, walaupun menurut ukuran kita hal itu merupakan suatu perbuatan baik.


Dengan memahami hal di atas, mudah-mudahan sahabat saklar jiwa dapat lebih ikhlas dalam mengucapkan sholawat kepada nabi Muhammad saw. Ingatlah bahwa nabi Muhammad tidak memerlukan Sholawat dari kita, tapi kitalah yang perlu bersholawat kepadanya. Andai saja tidak ada manusia yang bersholawat padanya, Muhammad tetap saja akan menempati Syurga ditempat yang tertinggi. Hal ini dapat difahami sebagaimana kita memahami bahwa Allah tidak memerlukan shalatnya manusia.



Alumni Universitas Islam Negeri Lampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post: