Download Aplikasi SantriLampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post:

Tafakkur



Tafakkur adalah kegiatan berfikir untuk membuka pintu masuknya hikmah. Sebaik baik ilmu adalah ilmu hikmah dalam Al Qur'an disurat Al baqoroh ayat 269 dijelaskan bahwa ilmu hikmah adalah ilmu pemahaman yang mendalam tentang Al Qur'an dan Sunnah atau Hadits. Ilmu hikmah juga berarti ilmu kebijaksanaan yang secara istilah berarti nasihat atau pelajaran baik yang diambil dari sebuah peristiwa, kejadian, kisah yang terinspirasi dari dua sumber pokok ilmu yakni Al Qur'an dan Hadits. Tidak lari ataupun menyimpang dari dua sumber ilmu tersebut. 


Adalah lebih baik bagi kita, jika kita menemukan kebenaran dari hasil pemikiran sendiri daripada menerima suatu kebenaran dari orang lain. 


Menerima kebenaran dan menemukan kebenaran adalah sesuatu yang berbeda. Menerima kebenaran cukuplah dengan bertaqlid (mengikuti) tanpa belajar dari kitab, atau menemukan sendiri dasar hukum dari suatu kebenaran. Menemukan kebenaran hanya akan diperoleh melalui pemikiran yang mendalam. Inilah yang selanjutnya yang disebut dengan tafakkur


Kebenaran yang ditemukan sendiri ibarat mata air yang tidak pernah kering; ilmu yang kita temukan dari hasil belajar dan berfikir selamanya akan melekat selamanya akan selalu ingat selama kita masih berkenan muroja'ah. Sedangkan kebenaran yang kita terima dari manusia ibarat hujan dimusim kemarau. Basah sesaat lalu kering. Layaknya orang yang mendengar nasihat, sesaat dari mendengar nasihat boleh jadi ia taubat tetapi tak lama kemudian lagi lagi kumat alias kumat lagi. 


Janganlah kamu mengenal dang mengikuti kebenaran karena tokohnya, tetapi kenalilah kebenaran itu sendiri, niscaya kamu akan mengetahui siapa tokohnya. (Ali bin Abi Thalib)


Alumni Universitas Islam Negeri Lampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post: