Sekarang,
SELAMAT DATANG DI RUMAH DAKWAH SAKLAR JIWA, SIAPAPUN ANDA SILAHKAN PILIH KHASANAH YANG ANDA SUKA, KAMI SIAP MENEMANI ANDA MENCARI HIKMAH MEMPERBAIKI SEL SEL HATI DENGAN MEMPERBANYAK MENYEBUT ASMA ALLAH DI SINI. KAMI SENANTIASA SIAP MENEMANI ANDA MENGAMBIL I'TIBAR DARI KHASANAH KHASANAH YANG KAMI SAJIKAN. SEMOGA KITA SEMUA ADALAH ORANG-ORANG YANG SENANTIASA DALAM RAHMAT ALLAH DAN DALAM KARUNIANYA YANG BERLIMPAH SERTA TERMASUK DALAM GOLONGAN ORANG-ORANG YANG ALLAH RIDHOI AMIIN. JANGAN LUPA BAGIKAN KHASANAH KAMI SIAPA TAHU ANDA DAPAT MENJADI "SEBAB" SESEORANG MENJADI LEBIH BAIK KEILMUAN DAN KUALITAS AGAMANYA. SALAM SAKLAR JIWA.

Kita baca Istighfar dulu ya biar jiwa bersih : "Astaghfirullohal adhiim, liwaliwaalidaya, wali ashaabil huquqi wajibati alaiya, walijami'il mu'miniina wal mu'minaats wal muslimiina wal muslimaats al ahyaa'i min hum wal amwaats. Amiin". lalu di lanjut dengan Doa belajar minimal Bismillahi robbi zidniy 'ilma warzuqniy fahma wal hikmah amiin...

Tips Menghafal Al Qur’an 1 Bulan Mutqin 2 Juz




Terima kasih sudah berkunjung membaca (Tips Menghafal Al Qur’an 1 Bulan Mutqin 2 Juz), semoga hidayah Allah swt. senantiasa mengalir untuk kita semua, Allah lapangkan rezeki, Allah bukakan Maghfiroh (ampunan) untuk kita semua terutama yang hadir membaca. Amiin Ya robb! .... by Saklar Jiwa

Oleh : Muhammad Farhan Izzuddin

Banyak dari kita sering mendengar kalo seorang Hafidz atau Hafidzhoh itu keren. Dan ganjaran bagi orang yang telah memegang gelar tersebut ialah memberikan mahkota kepada kedua orangtuanya kelak di Syurga. Amazing Bukan!. 
Tidak sedikit orang telah menyelesaikan hafalannya. Ada yang selesai setor dalam kurun waktu 30 hari, 28 hari, bahkan ada yang 15 hari!. Tapi apakah hafalan tersebut betul-betul melekat dalam ingatan?. Mungkin sebagian orang ada yang memiliki kemampuan ingatan yang kuat, sehingga dapat mengingat hafalan dengan mudah dan tersimpan di otak kecil dan masuk kedalam ingatan jangka panjang. Akan tetapi, gak semua orang bisa seperti itu bukan? Nah berikut adalah tips untuk kita-kita yang kurang cepat dalam mengingat hafalan dengan menerapkan 1 bulan 2 juz.
Niat
"Innamal A'maalu bin Niaat…" Sesungguhnya segala perbuatkan itu tergantung pada Niatnya. Di tips yang pertama ini, teman-teman wajib meluruskan niat teman-teman nih. Menghafal Al-Qur'an ini untuk siapa? Apa cuman buat ajang keren-kerenan kah? Atau untuk Allah SWT semata. Karna dalam niat ini, sangat mempengaruhi perjalana menghafal kalian tema-teman. Tidak sedikit para pejuang penghafal Al-Qur'an itu yang berhenti ditengah jalan karena niat mereka kurang kuat dan lurus karena Allah SWT. So, Niatkan pada diri teman-teman masing-masing dengan sepenuh hati, untuk menghafal karena Ridho Allah SWT.
Pola tidur.
Kenapa pola tidur? Kenapa gak pola makan?, (temen-temen ini bukan tips diet, ini tips menghafal). Baik, kenapa pola tidur adalah salah satu tips-nya?. Jelas dong, karena dengan kita mengoptimalkan pola tidur kita, maka tubuh akan mendapatkan kondisi optimal untuk kita menghafal dengan baik. Disini ane menyarankan temen-temen untuk tidur maksimal di jam 10.00 malam, dalam kondisi lampu kamar dalam keadaan mati ya!. Karna otak pun butuh istirahat.
Mulai menghafal.
Di tips ini ane bakal bagiin caranya 1 hari dapet 2 halaman dengan lancar, caranya adalah; Mulailah mengafal pada jam 04.00 pagi, atau 1 jam sebelum subuh. Kenapa? Dengan menghafal diwaktu tersebut keadaan katup otak kita sedang terbuka dan fresh, dan itu memudahkan kita untuk menghafal. Usahakan dalam waktu ini teman-teman dapat menghafal 1 halaman ya!(lebih banyak lebih bagus). Setelah selesai menghafal 1 halaman dengan baik(lancar), silahkan teman-teman ulangi hafalan tersebut didalam sholat 2 rokaat sebelum subuh(setengah halaman di rokaat pertama dan setengah halamannya dirokaat kedua).


Untuk menghafal 1 halaman berikutnya, ane saranin mulai menghafal diwaktu mulai diperbolehkannya sholat Dhuha yaitu di jam 07.00 pagi ya teman-teman. Nah, setelah hafal halaman yang ke-2 ini silahkan teman-teman murojaah dari halaman yang pertama teman-teman hafal. Kemudian kalian murojaah di sholat Dhuha, cukup 2 rokaat saja. Rokaat pertama untuk halaman pertama dan rokaat kedua untuk halaman ke-2. 
Sebagai catatan yaa teman-teman. Untuk menghafal di waktu Dhuha ini hanya opsi tambahan, kalua misalkan teman-teman sudah bisa langsung 2 halaman di waktu sebelum subuh yaa lebih bagus. Jadi teman-teman tinggal murojaah diwaktu Dhuha aja, tidak engan menghafal, tapi bagus lagi klo teman-teman sanggup untuk menambah hafalan.
Waktu muroja'ah
Jadikan murojaah itu sebanyak teman-teman bernafas. Jadi, usahakan disegala aktifitas teman-teman semua jadikan itu sebagai waktu dari murojaah teman-teman semua. Lagi naik motor, naik mobil, main bola, lagi duduk santai, dan waktu kosong teman-teman deh pokonya, dari pada cuman bengong kan? Mending murojaah. My Murojaah, My Adventure!
Waktu setoran
Untuk waktu setoran hafalan yang  sudah teman-teman hafalkan di pagi hari tadi(maksudnya setoran sebaya ya, atau ke ustad atau ke orang tua teman-teman). Jadwalkan di pagi hari jam 9-10 pagi teman-teman. Dan di waktu setelah sholat Isya', pada jam 20.00 malam. Untuk memperkuat hafalan teman-teman semua.

So, sangat mudah bukan? Coba kita ulas kembali nih teman-teman. Dalam 1 hari kita dapat menghafal 2 halaman, 10 hari kita bisa dapat 1 juz! InsyaAllah lancar-car car carrrrr!. 1 bukan kana da 30 hari, brarti bisa dapet 3 juz dong? Ets, memurojaah hafalan itu tidak semudah kita menghafalkan Al-Qur'an temen-temen. Bahkan seorang sahabat nabi pernah mengatakan "hilangnya hafalan Qur'an itu secepat kuda yang terlepas dari ikatannya". Jadi, disini ane sarankan kepada teman-teman semua, khususnya untuk yang baru memulai hafalan untuk memaksimalkan 10 hari terakhir di setiap bulan utnuk memantapkan 2 juz yang telah dihafal, supaya makin lengket ket ketttt di kepala.
Pesan terakhir dari ane untuk para teman-teman yang ingin menghafal. Jangan bosan untuk mengulang, karena Al-Qur'an akan membersamai dan memberikan syafaa'at pada orang-orang yang selalu bersama Al-Qur'an dimanapun ia berada pada hari kiamat kelak. See ya!



Alhamdulillah anda baru selesai membaca : Tips Menghafal Al Qur’an 1 Bulan Mutqin 2 Juz, semoga barokah dan dicatat sebagai amal shalih/ah dihadapan Allah swt. Amiin ya robbal 'alamiin.
Artikel Saklar Jiwa dipublikasikan oleh : Kholil Khoirul Muluk ceo. Saklar Jiwa Lentera Hati - Pengantar Mencapai Pencerahan Jiwa. Komplek Belajar Anak-anak, Remaja, dan orang Dewasa yang Kekini-kinian.

WAHAI SAUDARAKU MUSLIM - KITA HIDUP PUNYA ATURAN MAIN YANG DENGAN ITU TUJUAN DARI HAKIKAT HIDUP LEBIH MUDAH TERCAPAI.

[♡]Aturan Main Hamba dengan Allah
[♡]Aturan Main Ummat dengan Rosulullah
[♡]Aturan Main terhadap Diri sendiri
[♡]Aturan Main Anak dengan Orangtua
[♡]Aturan Main Orangtua dengan Anak
[♡]Aturan Main Suami dengan Istri
[♡]Aturan Main Istri dengan Suami

DAN SETERUSNYA NANTIKAN UPDATENYA HANYA DI SAKLAR JIWA

Orang tua adalah Al Qur'an, berbakti kepadanya adalah berbakti kepada Allah, ridhonya merupakan Ridho Allah... Mari ayo Mari!

Wahai sadaraku Jadilah Pengantar Orang tua menjadi Ahli Syurga dan bukan Pembatal atasnya

Ayo barakan semangat Membantu Saudara Muslim yang terkena bencana, tidak sanggup dengan badan, dengan materi, masih tidak sanggup juga Baca Qunut Nazilah berikit ini.

Muslim sedang diBantai jangan hanya berstatus di sosial media, Ayo bantu dengan melanggengkan Qunut Nazilah

Baca juga Sayidul Istighfar ini;

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Kantor

BACK TO TOP

Beranda Dakwah Saklar Jiwa - Jl. Basuki Rahmat, Gg. Kaswari No.1 Teluk Betung Selatan Bandar Lampung 35215 Didukung oleh : Mata Pena Santri Indonesia, Ikatan Alumni Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandar Lampung, Ikatan Alumni Al Falah Batang Hari, Sugar GROUP Company (SGC), Musholla Adz Dzikro', Darussalam, Daarul Qur'aan, Daruttauhid, dll. Dikelola oleh : Kholil Khoirul Muluk, S.H.I., S.Kom., Nur Kholis Humaidi, Kholid Jamal Abdul Nasir, Muhammad Awang, Fatimah Khoirun Nisaa', Uswatun Khoumairok, Khomsatun Atfal Mashithoh, Halimatus Sya'diyah dan EshabulMuluk.[Lihat DISINI]

Kolom Anak - Kolom Remaja - Kolom Dewasa